PENDIDIKAN IPS DI ERA GLOBALISASI : SEBUAH PENDEKATAN KURIKULUM PEMBELAJARAN.

  • Edi Susrianto Indra Putra Universitas Islam Indragiri
Keywords: Pendidikan IPS, Kurikulum, Globalisasi

Abstract

Perubahan yang terjadi diberbagai bidang kehidupan manusia,  merupakan dampak dari kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi. Dengan masuknya arus globalisasi, membawa pengaruh yang multidimensional diberbagai bidang kehidupan. Di bidang pendidikan, perubahan ini dituntut oleh faktor kebutuhan siswa, masyarakat, dan lapangan kerja. Salah satu bentuk perubahan yang dituntut tersebut adalah tentang kurikulum Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS). Kurikulum Pendidikan IPS dituntut untuk menyesuaikan diri dengan berbagai perubahan global yang terjadi saat sekarang ini. Dengan ada perubahan kurikulum ini, diharapkan siswa sejak dini sudah dibiasakan melihat, memahami, menganalisis, merefleksikan, memprediksi berbagai fenomena yang terjadi di sekitar mereka dari persfektif glabal. Oleh sebab itu, melalui Pendidikan IPS, sejak dini peserta didik sudah harus sudah dibiasakan berfikir global, melihat segala sesuatu dengan perspektif multidimensional. Dengan perspektif global, siswa mampu melihat dunia beserta berbagai fenomena yang ada didalamnya. Untuk menghadapi tantangan global ini, kurikulum Pendidikan IPS memegang peranan yang sangat penting dalam proses kegiatan belajar mengajar.  Kurikulum sebagai suatu dokumen dan pedoman dalam proses kegiatan belajar mengajar, memuat berbagai inovasi dan kreativitas dalam meningkatkan kualitas pendidikan dan harus harus dimiliki oleh peserta didik melalui suatu pengalaman belajar. Pengertian ini mengandung arti bahwa kurikulum harus tertuang dalam  sebuah dokumen atau rencana tertulis. Dokumen atau rencana tertulis itu berisikan pernyataan mengenai kualitas yang harus dimiliki seorang peserta didik yang mengikuti kurikulum tersebut. Pengertian kualitas pendidikan di sini mengandung makna bahwa kurikulum sebagai dokumen merencanakan kualitas hasil belajar yang harus dimiliki oleh peserta didik.

References

Al Muchtar, S. (2001). Epistimologi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial. Bandung: Gelar Pustaka Mandiri.

Hasan, S. H. (1996). Pendidikan Ilmu Sosial. Jakarta: Proyek Pendidikan Tenaga Akademik, Dirjen Dikti Depdikbud.

Hasan, S. H. (2005). Implementasi Pendidikan IPS Dalam Menghadapi Tantangan Global. Makalah Seminar Sehari Pendidikan IPS pada PPS UPI Bandung tanggal 19 Desember 2005.

Hasan, S. H. (2007). Revitalisasi Pendidikan IPS dan Ilmu Sosial Untuk Pembangunan Bangsa. Makalah Seminar Revitalisasi Pendidikan IPS, SPs UPI Bandung tanggal 21 Nopember 2007.

Jarolimek, J & Parker, W.C. (1993). Social Studies in Elementary School. New Yor: Mc Millan Publishing Co.Ltd.

Khairuddin, (2020), Membangun Profesionalisme Guru dalam Era Globalisasi. Jurnal Edukasi Vol. 8 No.1 2020. ISSN: 2087-0310. E-ISSN: 2721-7728. https://ejournal.unisi.ac.id/index.php/judek/article/view/1112/749

National Council for Social Studies, (1994), Expectation of Excellence Curricullum Standards for Social Studies, Washington, DC, NCSS.

Miller, J.P & Seller, W. (1985). Curriculum Perspektives and Practice. New York& London: Longman.

Somantri, M. N. (2001). Menggagas Pembaharuan Pendidikan IPS. Bandung: PT Remaja Rosdakarya dan PPS UPI.

Sukmadinata, N.S. (2004). Kurikulum dan Pembelajaran Kompetensi. Bandung: Kesuma Karya.

Sukmadinata, N.S. (2007). Pengembangan Kurikulum, Teori dan Praktek. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sumaatmadja, N. (1999). Perspektif Global, Jakarta: Penerbit Universitas Terbuka.

Supriatna, N. (2002). Mengajarkan Keterampilan Sosisal yang Diperlukan Siswa Memasuki Era Global, JPIS No. 19.

Sulastomo. (2000). Prediksi Perubahan Global Dari Nixon sampai Gorbachev. Jakarta: PT Kompas Media Nusantara.

Susrianto, Edi. (2020), Implementasi Pembelajaran Pendidikan IPS Di Sekolah Dasar. (Studi Kasus di Kabupaten Indragiri Hilir Propinsi Riau). Jurnal Edukasi Vol. 8 No.1 2020. ISSN: 2087-0310. E-ISSN: 2721-7728.
https://ejournal.unisi.ac.id/index.php/judek/article/view/1107/745

Undang Undang RI Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nosional. Jogjakarta : Media Wacana Press.

Wiriaatmadja, R. (2002). Pendidikan Sejarah di Indonesia. Bandung: Historia Utama Press.
Published
2021-04-16
How to Cite
Susrianto Indra Putra, E. (2021). PENDIDIKAN IPS DI ERA GLOBALISASI : SEBUAH PENDEKATAN KURIKULUM PEMBELAJARAN. EDUKASI, 9(1), 15 - 31. Retrieved from https://ejournal.unisi.ac.id/index.php/judek/article/view/1541
Abstract viewed = 345 times
PDF downloaded = 186 times