PENGARUH PERMAINAN KECIL TERHADAP TINGKAT KESEGARAN JASMANI PADA SISWA SMP NEGERI 01 BENTENG

  • HAMZAH HAMZAH UNIVERSITAS ISLAM INDRAGIRI
Keywords: Pengaruh Permainan Kecil, Tingkat Kesegaran Jasmani

Abstract

Masalah dalam penelitian ini yaitu rendahnya kemampuan tingkat kesegaran jasmani siswa SMP Negeri 01 Benteng dalam melakukan permainan kecil, hal ini terlihat siswa dalam melakukan permainan kecil dilapangan kurang bersemangat, terkadang suka bermalas-malasan dalam melakukan gerakan dan bahkan suka memaksakan diri dalam peraktek dilapangan yang akhirnya hasil yang dicapai kurang maksimal.

Jenis penelitian ini adalah eksperimen dimana penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki kemungkinan saling pengaruh dan hubungan sebab akibat dengan cara mengenakan kepada satu atau lebih kelompok eksperimen, satu atau lebih kondisi perlakuan dari membandingkan hasilnya dengan satu atau lebih kelompok kontrol yang tidak dikenai. Adapun sampel berjumlah 36 siswa, sedangkan pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik Total sampling. Teknik pengumpulan data adalah melalui test pengukuran tingkat kesegaran jasmani yang berpedoman pada tes kesegaran jasmani Indonesia  dengan 4 jenis tes yaitu tes lari cepat 60 m, gantung angkat tubuh 60 detik, baring duduk 60 detik, loncat tegak dan lari 1200 m. Data yang diperoleh dioleh dengan teknik statistik deskriptif dengan perhitungan persentase.

Hasil penelitian menyatakan bahwa capaian tingkat kesegaran jasmani siswa SMP Negeri 01 Benteng Kabupaten Indaragiri Hilir dari 36 siswa tidak ada yang termasuk dalam kategori sangat baik, baik tingkat kesegaran jasmaninya hanya 6 siswa katagori sedang (16,66%), kurang 25 siswa (69,44%) dan sangat kurang tingkat kesegaran jasmani ada 5 siswa (13,90%), ini berarti pengaruh permainan kecil terhadap tingkat kesegaran jasmani pada siswa SMP Negeri 01 Benteng Kabupaten Indaragiri Hilir, dapat diartikan masih belum begitu baik.

Published
2022-04-18
How to Cite
HAMZAHH. (2022). PENGARUH PERMAINAN KECIL TERHADAP TINGKAT KESEGARAN JASMANI PADA SISWA SMP NEGERI 01 BENTENG. JURNAL OLAHRAGA INDRAGIRI, 9(01), 1-19. Retrieved from https://ejournal.unisi.ac.id/index.php/joi/article/view/1999