PENGARUH HARGA DAN PROMOSI KUOTA INTERNET TERHADAP PERILAKU KONSUMSI PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM Studi Kasus Pada Mahasiswa Ekonomi Syariah Fakultas Ilmu Agama Islam Universitas Islam Indragiri
Abstract
Artikel ini dilatar belakangi oleh perkembangan teknologi yang semakin dinamis memberikan pengaruh positif salah satunya kemudahan dalam mengakses internet. Kemajuan internet erat kaitannya dengan perilaku konsumsi kuota internet. Namun, banyaknya pilihan kuota internet diduga mempengaruhi perilaku konsumsi mahasiswa Ekonomi Syariah Fakultas Ilmu Agama Islam Universitas Islam Indragiri. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh harga dan promosi kuota internet terhadap perilaku konsumsi perspektif Ekonomi Islam pada mahasiswa Ekonomi Syariah Fakultas Ilmu Agama Islam Universitas Islam Indragiri. Jenis penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Penelitian ini menggunakan teknik non probability sampling yaitu sampling jenuh atau sampling sensus. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini mahasiswa Ekonomi Syariah Fakultas Ilmu Agama Islam Universitas Islam Indragiri angkatan 2020 sampai angkatan 2022. pada saat ini yaitu sebanyak 62 mahasiswa. Analisis dilakukan dengan pengolahan data menggunakan SPSS 25. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu regresi linier berganda. Berdasarkan hasi Uji F (Simultan) dapat diperoleh keputusan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima. Hal ini dapat dilihat dari nilai F hitung yaitu sebesar 26,794. Sedangkan nilai signifikansi yang dihasilkan yaitu 0,000 yang dimana lebih kecil dari 0,05. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa variabel independen yang meliputi Harga dan Promosi memiliki pengaruh secara simultan terhadap variabel dependen yaitu Perilaku Konsumsi. Diantara variabel harga dan promosi yang paling dominan mempengaruhi perilaku konsumsi pada Mahasiswa Ekonomi Syariah Fakultas Ilmu Agama Islam Universitas Islam Indragiri adalah Variabel promosi. Hal ini ditunjukan melalui nilai thitung variabel promosi (X2) tertinggi dibandingkan variabel harga yaitu sebesar 3,369.