ANALISIS STRATEGI PEMASARAN DAN INOVASI DESAIN KEMASAN UNTUK MENINGKATKAN VOLUME PENJUALAN (Studi pada UMKM Gula Merah Pak Widodo)
Abstract
UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah) mempunyai peranan penting dan strategis dalam pertumbuhan ekonomi, maka perlu adanya strategi untuk meningkatkan volume penjualan UMKM . Bauran pemasaran merupakan strategi pemasaran yang menekankan pada berbagai faktor yang dikenal dengan istilah
4P(product, price, place, promotion). Inovasi desain kemasan menjadi strategi penting dalam bauran pemasaran UMKM untuk meningkatkan penjualan produk. Kemasan yang menarik dan informatif dapat memberikan nilai tambah, melindungi produk, serta meningkatkan citra dan kepuasan konsumen. Penelitian ini bertujuan mengetahui apakah strategi pemasaran dan inovasi desain kemasan di UMKM Gula Merah pak Widodo dapat meningkatkan jumlah penjualan produknya. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode kualitatif yang bersifat deskriptif untuk menyelidiki keadaan, kondisi secara sistematis, faktual dan akurat, sehingga dapat disimpulkan bahwa strategi bauran pemasaran yang diterapkan dan inovasi desain kemasan dapat meningkatkan jumlah penjualan UMKM Gula Merah pak Widodo.