FAKTOR - FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KONSUMEN DALAM PEMBELIAN JERUK DI PASAR TEMBILAHAN KOTA KABUPATEN INDRAGIRI HILIR

  • Mardani Program Studi Agribisnis Fakultas Pertanian UNISI
Keywords: Jeruk, Perilaku Konsumen, Regresi Linear Berganda

Abstract

Jeruk merupakan salah satu komoditas buah-buahan yang memiliki peranan signifikan baik di pasaran dalam negeri maupun luar negeri. Hal tersebut karena jeruk merupakan tanaman buah yang mudah untuk dibudidayakan baik di iklim tropis maupun subtropis. Tujuan penelitian ini adalah : (1) untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen dalam pembelian jeruk di pasar Tembilahan Kota Kabupaten Indragiri Hilir, (2) untuk mengetahui besarnya pengaruh faktor-faktor tersebut terhadap perilaku konsumen dalam pembelian jeruk di pasar Tembilahan Kota Kabupaten Indragiri Hilir. Metode yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara purposive sampling. Penelitian ini menghasilkan nilai R2 sebesar 81,3%, variabel yang berpengaruh signifikan terhadap perilaku konsumen dalam pembelian jeruk di pasar Tembilahan Kota adalah pendapatan (α = 1%), jumlah tanggungan keluarga (α = 10%), harga(α = 5). Koefesien regresi masing-masing variabel adalah dengan nilai pendapatan sebesar 1.707.000.000, jumlah tanggungan keluarga sebesar 0.319, dan harga sebesar 0.002.

Abstract viewed = 26 times
PDF downloaded = 30 times