ANALISIS PEMASARAN KELAPA DAN PRODUK TURUNANNYA DI DESA PELANDUK KECAMATAN MANDAH KABUPATEN INDRAGIRI HILR

  • Nina Sawitri
  • Hemeria
  • Siti Zubaidah
Keywords: Kelapa. Gula Kelapa, Saluran Pemasaran, Marjin Pemasarn, Farmer's share, Efesiensi Pemasaran

Abstract

Kecamatan Mandah merupakan daerah penghasil kelapa di Kabupaten Indragiri Hiir, salah satunya berada di Desa Pelanduk. Tujuan penelitian ini adalah menganalisi pemasaran kelapa dan produk turunannya yaitu gula kelapa yang ada di Desa Pelanduk Kecamatan Mandah. Metode penelitian yang  digunakan adalah analisis marjin pemasaran, farmer’s share dan efesiensi pemasaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa margin pemasaran kelapa pada saluran 1 adalah Rp.1.740,00 atau 58,00%, sedangkan margin pada saluran II adalah Rp.1,140 atau 38,00%. Farmer's share kelapa pada saluran I yaitu Rp.10,77 atau 3,59% sedangkan pada farmer's share pada saluran II yaitu Rp.70,21 atau 234,03% Efesiensi pemasaran kelapa pada saluran I yaitu 3,90%, sedangkan efesiensi pada saluran II yaitu 8,26%. Besarnya marjin pemasaran gula kelapa pada saluran II adalah Rp 4.750,00 dan pada saluran III sebesar Rp 5.425,00 per kilogram. Pada saluran I tidak terdapat marjin pemasaran karena petani menjual sendiri gula kelapanya kepada konsumen. Nilai efisiensi gula kelapa pada saluran I adalah 0,67%, dan saluran II sebesar 1,21% sedangkan pada saluran III yaitu sebesar 6,15%.

References

Azzaino, 1990. Pengantar Tataniaga Pertanian. Departemen Ilmu Ilmu Sosial Ekonomi Pertanian. Fakultas Pertanian IPB. Bogor.

Arifuddin,1997. Dasar-dasar Agribisnis. Jurusan Sosial Ekonomi. Fakultas Pertanian. Universitas Brawijaya. Malang.

Azzaino,z. 1981. Pengantar Tataniaga Pertanian. Departemen Ilmu-ilmu Sosial ekonomi Pertanian. Fakultas Pertanian IPB. Bogor.

Hanafiah,S. 1986 Tataniaga Hasil Perikanan. UI press. Jakarta.

Luntungan et al, 2005. Pengantar Ekonomi Sumberdaya Manusia, Fakultas Ekonomi, Universitas Indonesia. Jakarta

Mubyarto, 1989. Pengantar Ilmu Ekonomi. LP3S. Jakarta.

Mubyarto, 1997. Pengantar Ekonomi Pertanian. Lembaga Penelitian Pendidikan dan Ilmu ekonomi, dan Sosial. Yogyakarta.

Puecell, 1979. Agricultural Marketing. Reston Publishing Company,inc. Pretince Hall Company. Reston, Virginia.

Sudiyono, A, 2001.Pemasaran Pertanian. Universitas Muhamadiyah. Malang.

Soekartawi, A, 2001. Prinsip Dasar Ekonomi Pertanian Tiore dan Aplikasi, Rajawali Press. Jakarta.
Published
2019-05-30