Kinerja Keuangan dan Kepuasan Anggota Koperasi Sawit (Kopsa) Usaha Manunggal Desa Seresam Kecamatan Seberida Kabupaten Indragiri Hulu Provinsi Riau.

  • Aris Triyono Program Studi Magister Manajemen Agribisnis Universitas
  • Sri Indrastuti S Program Studi Magister Manajemen Agribisnis Universitas Islam Riau
  • Ujang Paman Ismail Program Studi Magister Manajemen Agribisnis Universitas Islam Riau
Keywords: Kinerja keuangan, Kepuasan anggota, Kelapa sawit

Abstract

Penelitian ini bertujuan menganalisis kinerja keuangan, kepuasan anggota dan upaya meningkatkan kinerja keuangan dan kepuasan anggota Koperasi Sawit (Kopsa) Usaha Manunggal. Metode survey. Sampel sederhana (Simple Random Sampling) yaitu terhadap 41 orang anggota KOPSA. Model analisis yang digunakan dalam mengukur kinerja keuangan adalah Rasio Likuditas, Rasio Solvabilitas dan Rasio Profitabilitas. Untuk menganalisis kepuasan anggota model IPA dan CSI. Hasil, Analisis kinerja keuangan KOPSA Usaha Manunggal dari tahun 2020-2024 menunjukkan kemampuan yang baik dalam membayar kewajiban jangka pendek. Rata-rata current ratio adalah 108,11, quick ratio 104,00, dan cash ratio 0,20. Ini mengindikasikan kemampuan koperasi membayar utang jangka pendek dengan aset lancar. Namun, rasio solvabilitas menunjukkan sebagian besar aset dibiayai utang (Total Asset To Debt Ratio 80,61%), Dept to Equity Ratio 415,96% ini mengindikasikan bahwa untuk setiap satu rupiah modal yang dimiliki oleh anggota (ekuitas), koperasi memiliki lebih dari empat rupiah utang. Dari segi rentabilitas, koperasi mampu menghasilkan laba bersih 1,13% dari aset (ROA) dan 8,47% dari modal sendiri (ROE) Net Profit Margin 10,09%. Hasil IPA mengidentifikasi beberapa atribut dengan prioritas rendah yang perlu diperbaiki, yaitu penampilan pengurus, kelengkapan fasilitas, kemudahan akses informasi, ketepatan waktu pembayaran hasil penjualan, kejujuran pengurus, dan biaya sosial. Nilai CSI mencapai 80,78%, menunjukkan kepuasan yang Puas terhadap kinerja keuangan Koperasi Sawit (KOPSA) Usaha Manunggal. Upaya peningkatan kinerja keuangan dan kepuasan anggota dengan mengurangi jumlah piutang tidak tertagih, penghematan dalam pengalokasian biaya, meningkatkan kualitas produk yang dijual (Tandan Buah Segar-TBS)

This study aims to analyze the financial performance, member satisfaction, and efforts to improve the financial performance and satisfaction of members of the Palm Oil Cooperative (Kopsa) Usaha Manunggal. The survey method. Simple Random Sampling, namely 41 KOPSA members. The analytical models used in measuring financial performance are the Liquidity Ratio, Solvency Ratio, and Profitability Ratio. To analyze member satisfaction, the IPA and CSI models were used. Results: Analysis of KOPSA Usaha Manunggal's financial performance from 2020-2024 shows a good ability to pay short-term obligations. The average current ratio is 108.11, quick ratio 104.00, and cash ratio 0.20. This indicates the cooperative's ability to pay short-term debt with current assets. However, the solvency ratio shows that most of the assets are financed by debt (Total Asset To Debt Ratio 80.61%), Dept to Equity Ratio 415.96% indicates that for every one rupiah of capital owned by members (equity), the cooperative has more than four rupiah of debt. In terms of profitability, the cooperative is able to generate a net profit of 1.13% of assets (ROA) and 8.47% of equity (ROE) Net Profit Margin 10.09%. The IPA results identified several low priority attributes that need to be improved, namely the appearance of the management, completeness of facilities, ease of access to information, timeliness of payment of sales proceeds, honesty of management, and social costs. The CSI value reached 80.78%, indicating Satisfaction with the financial performance of the Palm Oil Cooperative (KOPSA) Usaha Manunggal. Efforts to improve financial performance and member satisfaction by reducing the number of uncollectible receivables, saving on cost allocation, and improving the quality of products sold (Fresh Fruit Bunches - FFB).

References

Fahmi,Irham.2018. Pengantar Manajemen Keuangan. Bandung: Alfabeta.

Fajar, Laksana, 2008. Manajemen Pemasaran. Yogyakarta: Penerbit Graha Ilmu.

Falah A. S, dan L. S.i Dewi. 2022. Financial Ratio Analysis to Assess The Financial Performance of Cooperatives (Case Study on Pesat Tani KUD’, Jurnal Hexagro, 6(1): 47-61.

Fandy, Tjiptono dan Gregorius Chandra. 2005. Service, Quality & Satisfaction.Yogyakarta.

Guspul, Ahmad (2014),”Pengaruh kualitas pelayanan dan kepercayaan terhadap kepuasan nasabah (Studi Kasus Pada Nasabah Kospin Jasa Cabang Wonosobo)”. Jurnal PPKM UNSIQ I (2014) 40-54. ISSN: 2354-869

Hendar. 2010. Manajemen Perusahaan Koperasi dengan Pokok-Pokok Pikiran Mengenai Manajemen dan Kewirausahaan Koperasi. Jakarta, Erlangga.

Kasmir. 2018. Bank dan Lembaga Keuangan Lainnya. Edisi Keenam. Jakarta, PT. Raja Grafindo Persada

Kotler, P. 2000. Manajemen Pemasaran: Analisis, Perencanaan, Implementasi dan Control. Terjemahan Edisi kedelapan. Jakarta, Prehalindo

Munawir. 2012. Analisis Informasi Keuangan. Yogyakarta, Liberty

Rudianto. 2013. Akuntansi Manajemen Informasi Untuk Pengambilan Keputusan Strategis. Jakarta, Erlangga

Sahanggamu dalam Kusuma, U. dan P. (2018). Pengaruh Citra Merek, Kualitas Layanan, Promosi Dan Harga Terhadap Minat Beli Kembali Jasa Antar Ojek Online Merek Grab-Bike di Jakarta Pusat. Africa’s Potential for the Ecological Intensification of Agriculture,4.

Saputra and D. Kurniadi, “Analisis Kepuasan Pengguna Sistem Informasi E- Campus Di Iain Bukittinggi Menggunakan Metode Eucs,” Voteteknika (Vocational Tek. Elektron. dan Inform., vol. 7, no. 3, p. 58.

Subandi, 2017. Ekonomi Koperasi (Teori dan Praktek). Bandung: Alfabeta.

Sumarwan, Ujang. 2003. Perilaku Konsumen : Teori dan Penerapannya dalam Pemasaran, Cetakan Pertama, Jakarta: Ghalia Indonesia.

Tjiptono, Fandy. 2008. Strategi Pemasaran, Edisi 3.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 25 Tahun 1992 Tentang Perkoperasian, Lembaran Negara Republik Indonesia.

Wulandari, F.L dan A. Yasin. 2022. Analisis Kinerja Keuangan Koperasi Republik Indonesia (KPRI) Kantor Kementerian Agama Kabupaten Gresik Tahun 2018-2020. Jurnal Ekonomika dan Bisnis Islam, 5(3): 155–167.

Zikmund, W. G. 2003. Integrating Marketing Strategy and Information Tecnology. New Jersey: John Wiley and Sons.

Published
2025-11-18