Penerapan Content Marketing di PT. Makacha Boga Utama Kota Pekanbaru
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah menganalisis penerapan model komunikasi AIDA dan pemasaran konten pada PT. Makacha Boga Utama. Penelitian ini dilaksanakan selama 10 minggu dimulai dari 12 Maret 2024 sampai dengan 12 Mei yang bertempat di pusat produksi PT. Makacha Boga Utama di jl. Inpres, No 12 Sidomulyo Tim, Kecamatan Marpoyan Damai, Kota Pekanbaru. Metode pengumpulan data yang digunakan di dalam penelitian ini, yaitu wawancara, observasi, studi pustaka, dan dokumentasi. Penerapan komunikasi model AIDA adalah awarenees (kesadaran), interest (ketertarikan), desire (keinginan), action (tindakan) dan Penerapan content marketing dilakukan adalah menetapkan tujuan, pemetaan target pasar, penggagasan dan perencanaan konten, penciptaan konten pada media sosial PT. Makacha Boga Utama (TikTok, Instagram, Facebook, Whatsapp, Youtube), distribusi konten, penguatan konten, evaluasi pemasaran konten, peningkatan pemasaran konten.
The purpose of this research is to analyze the application of AIDA model communication and content marketing at PT. Makacha Boga Utama. This research was conducted for 10 weeks starting from March 12 to May 12, 2024 at PT. Makacha Boga Utama on Inpres street, No. 12 Sidomulyo Tim, Marpoyan Damai District, Pekanbaru City. The data collection methods used in this research are interviews, observations, literature studies, and documentation. The application of the AIDA model communication is awarenees, interest, desire, and action. The application of content marketing is carried out by setting goals, mapping target markets, initiating and planning content, creating content on PT. Makacha Boga Utama social media (TikTok, Instagram, Facebook, Whatsapp, Youtube), content distribution, content strengthening, content marketing evaluation, content marketing improvement.
References
Adelia, R.,& Cahya, S.B. (2023). “Pengaruh Content Marketing dan Brand Image Terhadap Minat Beli Mafia Gedang di Kota Surabaya”. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN). Vol.11 No 3, 2023. Hal 325-333.
Chaffey, Dave. 2002. E-Business and E-Comemerce Management. Strategy, Implementation and practice. Fourth Edition, London: Prentice Hall.
Kotler, P. 2005. Manajemen Pemasaran, alih bahasa Benyamin molan. Jakarta, PT. INDEKS Kelompok Gramedia
Natania, A.T & Dwijayanti, R. (2024). “Pemanfaatan Platform Digital Sebagai Sarana Pemasaran Bagi UMKM”. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN) P-ISSN 2337-6708. Volume 12 No 1, 2024 E-ISSN 2723-3901. Hal: 1-8.
Octaviana, E., et al. (2024). “Peran Content Marketing Instagram Sebagai Strategi Menumbuhkan Brand Awareness Pada Usaha Springshop_PLW”. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, dan Akuntansi). Vol. 8 No. 3, 2024. Hal 1-17.
Rafsanjani, M., et al. (2024). “The Effect of Marketing Content and Brand Image On Interest to Buy Uniqlo Products on Instagram (Study on 2019 Batch Management Students at Buana Perjuangan University).” COSTING: Journal of Economic, Business and Accounting. Vol. 7 No. 2, 2024 e-ISSN : 2597-5234. Hal : 2941-2952.
Rifdah, A.N.S.,& Sastika, W. (2024). “Content Marketing pada Media Sosial Instagram @Foodbazaartantri “. LiQuidity Jurnal Riset Akuntansi dan Manajemen. Vol 13 (2) : hlm 149-163. ojs.itb-ad.ac.id/index.php/LQ/p-ISSN:1829-5150, e-ISSN: 2615-4846.
Yunita, D.,et.al. (2021). “Pembuatan Content Marketing sebagai Strategi Menumbuhkan Brand Awareness bagi Pelaku Usaha di EraPandemi Covid-19”. Sricommerce: Journal of Sriwijaya Community Services. 2 (2) 2021. Hal 89-96. http://jscs.ejournal.unsri.ac.id/index.php/jscs.
Copyright (c) 2025 JURNAL AGRIBISNIS

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.