Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Konsumen Bara Kopi di Kota Banda Aceh
Abstract
Aceh memiliki beragam wisata, termasuk wisata kuliner yang semakin populer akibat perubahan gaya hidup masyarakat. Tren ini mendorong pertumbuhan coffee shop di Banda Aceh, salah satunya yaitu terbentuknya Bara Kopi. Namun persaingan yang ketat menuntut strategi pemasaran yang tepat agar bisnis dapat bertahan. Tujuan Penelitian ini adalah untuk menguji dan menganalisis seberapa besar pengaruh kualitas produk terhadap kepuasan konsumen di Bara Kopi. Metode4penelitian yang4digunakan adalah metode4kuantitatif dengan4pendekatan asosiatif4yang bertujuan untuk4mengetahui pengaruh4ataupun hubungan4antara dua variabel. 4Sampel dalam penelitian4ini adalah konsumen4Bara Kopi Banda4Aceh cabang offline store4Banda Aceh. Penentuan jumlah sampel menggunakan4rumus slovin yaitu4sebanyak 844orang. Teknik analisis4datanya adalah4menggunakan analisis4regresi linear4sederhana. Hasil penelitian4menunjukkan bahwa kualitas produkberpengaruh terhadap4kepuasan konsumen (Y) di Bara Kopi Banda4Aceh.
Aceh has a variety of tourism, including culinary tourism which is increasingly popular due to changes in people's lifestyles. This trend encourages the growth of coffee shops in Banda Aceh, one of which is the formation of Bara Kopi. However, tight competition demands the right marketing strategy so that the business can survive. The purpose of this study is to test and analyze how much influence product quality has on consumer satisfaction at Bara Kopi. The research method used is a quantitative method with an associative approach which aims to determine the influence or relationship between two variables. The sample in this study was consumers of Bara Kopi Banda Aceh offline store branch Banda Aceh. The determination of the number of samples used the Slovin formula, which was 844 people. The data analysis technique used simple linear regression analysis. The results of the study showed that product quality (X) had an effect on consumer satisfaction (Y) at Bara Kopi Banda Aceh
References
Fiani, M & Japarianto, E. 2012. Pengaruh Food Quality dan Pelayanan Terhadap Keputusan pembelian Roti Kecik Toko Roti Ganep’s di Kota Solo. Jurnal Manajemen Pemasaran, 1(1), 1.
Kartikasari, A., & Albari, A. 2019. The Influence of Product Quality, Service Quality and Price on Customer Satisfaction and Loyalty. Journal of Entrepreneurship and Family Business, 3(49),64.
Manggala, A. 2022. Kualitas Produk dan Pelayanan Barista Bagi Kepuasan Konsumen Kedai Hermess Kopi. Jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, 36(1).
Putro, S. W. 2014. Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Pelanggan Dan Loyalitas Konsumen Restoran Happy Garden Surabaya. Jurnal Manajemen Pemasaran, 2(1), 8.
Suryani, R., & Zulkifli, A. 2022. Wisata Kopi di Aceh: Potensi dan Tantangan. Jurnal Pariwisata dan Perhotelan, 15(99), 108.
Tjiptono, F. (2014). Pemasaran Jasa (Prinsip, Penerapan Dan Penelitian). Yogyakarta: Andi.
Tjiptono, F., & Diana, A. 2016. Pemasaran Jasa (Esensi Dan Aplikasi). Yogyakarta: Andi.
Copyright (c) 2025 JURNAL AGRIBISNIS

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.