Analisis Pengaruh Bauran Pemasaran 4P Terhadap Keputusan Pembelian Benih Padi Pada Instalasi Kebun Benih Padi
Abstract
Peningkatan produktivitas dan produksi tanaman pangan, benih mempunyai peranan yang sangat strategis. Ketersediaan dan penggunaan benih varietas unggul bersertifikat yang memenuhi aspek kualitas dan kuantitas dibarengi dengan aplikasi teknologi budidaya lainnya seperti pupuk berimbang mempunyai pengaruh yang nyata terhadap produktivitas, produksi dan mutu hasil produk tanaman pangan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui system penerapan bauran pemasaran pada IKB Teromu Kecematan Mangkutana Kabupaten Luwu Timur. Metode penelitiannya adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan bagaimana penerapan bauran harga, promosi, tempat, produk, proses, orang dan bukti fisik sedangkan kuatitatif menjelasakan hubungan antar variabel dan melakaukan generalisasi fenomena sosial yang di teliti yaitu hubungan bauran pemasaran dengan pengaruhnya terhadap pemebelian benih. Hasilnya menunjukkan bahwa uji partial variabel Kualitas Produk, harga, tempat dan promosi bahwa secara parsial berpengaruh terhadap keputusan pembelian benih padi. Secara simultan juga berpengaruh signifikan Bauran Pemasaran 4P (Produk, Harga, Tempat dan Promosi) Terhadap Keputusan Pembelian benih padi. Bauran Pemasaran 4P (Produk, Harga, Tempat dan Promosi) secara bersamaan mempengaruhi Keputusan benih padi di IKB Teromu Kecamatan Mangkutana sebesar 12% dan sisanya 88% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
Increasing productivity and production of food crops, seeds have a very strategic role. The availability and use of certified superior variety seeds that meet the aspects of quality and quantity along with the application of other cultivation technologies such as balanced fertilizers have a significant effect on productivity, production and quality of food crop products. The purpose of this study was to determine the marketing mix application system at IKB Teromu, Mangkutana District, East Luwu Regency. The research method is to determine and describe how the application of the price, promotion, place, product, process, people and physical evidence mix is while quantitatively explaining the relationship between variables and generalizing the social phenomena studied, namely the relationship between the marketing mix and its influence on seed purchases. The results show that the partial test of the variables Product Quality, price, place and promotion that partially influence the decision to purchase rice seeds. Simultaneously also significantly influence the Marketing Mix 4P (Product, Price, Place and Promotion) on the Decision to Purchase Rice Seeds. The 4P Marketing Mix (Product, Price, Place and Promotion) simultaneously influences the rice seed decision at IKB Teromu, Mangkutana District by 12% and the remaining 88% is influenced by other variables not examined in this study.
References
AAK. 1990. Budidaya Tanaman Padi. Kanisius. Yogyakarta
Akbar, F.M. 2011. Analisis Faktor-Faktor Produksi dan Pendapatan Petani Penangkar Benih Padi (Kasus Kemitraan Petani Penangkar PT. Sang Hyang Seri). Institut Pertanian Bogor. Bogor.
Anisah. N. 2016. Dampak Kemitraan Terhadap Pendapatan Usahatani Kentang di Kecamatan Cikajang, Kabupaten Garut. Institut Pertanian Bogor. Bogor
Azhar. C. 2010. Kajian Morfologi Dan Produksi Tanaman Padi (Oryza sativa L.) Varietas Cibogo Hasil Radiasi Sinar Gamma Pada Generasi M3. Universitas Sulawesi Selatan. Medan
Badan Pembangunan Nasional. 2015. Seri Analisis Pembangunan Wilayah Provinsi Sulawesi Selatan Tahun 2015. Jakarta
Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian. 2016. Peningkatan Jumlah Tanaman Pangan 2016. Sulawesi Selatan
Badan Pusat Statistik Kabupaten Luwu Timur. 2016. Kabupaten Luwu Timur Dalam Angka 2016. BPS Luwu Timur. Luwu Timur
Badan Pusat Statistik Provinsi Sumatera Utara. 2016. Sumatera Utara Dalam Angka 2016. BPS Sulawesi Selatan. Medan
Badan Pusat Statistik. 2016. Produksi Padi Sawah Sumatera Utara tahun
-2015. Jakarta
Deptan. 2010. Kebutuhan Benih Padi Potensial dan Total Produksi Benih Padi.Jakarta
Hadi, R. M. 2009. Kajian Ekonomi Usaha Penangkaran Benih Padi Unggul di Kabupaten Banjar. Thesis. Universitas Lambung Mangkurat. Banjarbaru.
Haryadi. 2006. Teknologi Pengolahan Beras. Universitas Gadjah Mada Press. Yogyakarta
Kusnadi, D., D. H. Sudjaya., Z. Normansyah. 2015. Analisis Usahatani Penangkaran Benih Padi (Oryza sativa L.) Varietas Ciherang (Studi Kasus pada Seorang Penangkar Benih di Desa Purwajaya Kecamatan Purwadadi Kabupaten Ciamis).Jurnal Ilmiah Agroinfo Galuh. Vol.1(2). Ciamis
Mubyarto. 1989. Pengantar Ekonomi Pertanian. LP3ES, Jakarta
Norsalis. E. 2011. Padi Gogo dan Sawah. Universitas Airlangga. Surabaya
Nurianty. S. 2015. Tercapainya Swasembada Benih Padi Unggul Bersertifikat sebagai Salah Satu Penciri Kabupaten Bogor Termaju di Indonesia Tahun
Bogor
Nursyamsiah. D. 2013. Analisis Usaha Tani Penangkaran Benih dan Padi Konsumsi (Studi Kasus di Desa Gunung Sari, Kecamatan Pamijahan Kabupaten Bogor). Insitut Pertanian Bogor. Bogor
Prasekti, Y.H. 2015. Analisa Ekonomi Usaha Penangkar Benih Padi Ciherang (di Kelurahan Tamanan Kec. Tulungagung Kab. Tulungagung). Jurnal Agribisnis Fakultas Pertanian Unita. Vol. 11(13). Tulungagung
Putra. P. 2014. Analisis Pendapatan dan Kelayakan Usahatani Padi Sawah di Desa Sidondo 1 Kecamatan Sigi Biromaru, Kabupaten Sigi. E-j. Agrotekbis 2(1) : 107 – 113. ISSN: 2338 – 3011. Palu
Rahim, A dan Diah Retno Dwi Astuti. 2007. Pengantar Teori dan Kasus Ekonomi Pertanian. Penebar Swadaya. Jakarta
Soeharjo, A. dan Patong, D. 1973. Sendi- Sendi Pokok Ilmu Usaha tani. InstitutPertanian Bogor. Bogor.
Soekartawi, Soeharjo A., Dillon J.L., Hardaker J.B. 1986. Ilmu Usahatani dan Penelitian untuk Pengembangan Petani Kecil. Farm Management Research for Small Development. Penerjemah: Dillon JL, Hardaker. UI Press. Jakarta.
Suardana. I. K. 2015. Analisis Usaha Tani Penangkaran Benih Kedelai (Kasus di Subak Kusamba, Kecamatan Dawan, Kabupaten Klungkung). Universitas Udayana. Denpasar
Wirawan. B. dan Wahyuni. S. 2002. Memproduksi Benih Bersertifikat. Penebar Swadaya. Jakarta
Yustiarni, A.K. 2011. Evaluasi Kemitraan dan Analisis Pendapatan Usaha Tani Penangkaran Benih Padi Bersertifikat (Kasus Kemitraan: PT. SangHyang Seri Regional Manajer I Sukamandi, Kabupaten Subang). Institut Pertanian Bogor. Bogor
Copyright (c) 2025 JURNAL AGRIBISNIS

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.