STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA KOPI BUBUK CAP BUKIT ASAM DI KABUPATEN MUARA ENIM, SUMATERA SELATAN
Abstract
Minum kopi sudah menjadi budaya masyarakat Indonesia, baik kalangan orang tua maupun anak muda. Kondisi itu mendorong munculnya banyak pelaku usaha produksi kopi bubuk. Salah satunya Kopi Bubuk Cap Bukit Asam yang berada di Tanjung Enim, Kabupaten Muara Enim, Sumatera Selatan. Tujuan penelitian ini untuk menganalisa tren perkembangan produksi dan penjualan Kopi Bubuk Cap Bukit Asam selama 5 tahun terakhir, mengetahui pengaruh faktor internal dan eksternal perusahaan serta merumuskan alternatif strategi pengembangan usaha. Teknik penelitian menggunakan analisa tren dan analisa SWOT. Hasil penelitian menunjukkan, tren perkembangan produksi dan penjualan Kopi Bubuk Cap Bukit Asam selama 5 tahun terakhir cenderung mengalami kenaikan. Strategi yang tepat untuk pengembangan usaha ini yaitu menggunakan strategi agresif dengan beberapa alternatif, yaitu memperluas serta memperkuat jaringan pasar, menerapkan strategi promosi, perbaikan dan peningkatan sistem pemasaran dan memperkuat promosi, mencari modal tambahan, melakukan penerapan standar mutu produk, memperkuat produk yang dihasilkan dengan legalitas usaha, memanfaatkan perkembangan teknologi untuk mengatasi promosi, dan menjalin hubungan yang baik dengan pelanggan agar tercipta loyalitas pelanggan.
Drinking coffee has become a culture of Indonesian society, both among old people and young people. This condition has encouraged the emergence of many ground coffee production businesses. One of them is Bukit Asam Cap Coffee Powder which is located in Tanjung Enim, Muara Enim Regency, South Sumatra. The aim of this research is to analyze the development trends in production and sales of Bukit Asam Cap Coffee Powder over the last 5 years, determine the influence of internal and external factors on the company and formulate alternative business development strategies. The research technique used trend analysis and SWOT analysis. The research results show that the development trend of production and sales of Cap Bukit Asam Ground Coffee over the last 5 years has tended to increase. The right strategy for developing this business is to use an aggressive strategy with several alternatives, namely expanding and strengthening the market network, implementing promotional strategies, improving and upgrading the marketing system and strengthening promotions, seeking additional capital, implementing product quality standards, strengthening the products produced by business legality, utilizing technological developments to handle promotions, and establishing good relationships with customers to create customer loyalty.
References
Adeliana, A. A., & Suprapti, I. (2016). Pengaruh Produk Berlabel Halal Dalam Keputusan Pembelian. Jurnal Pertanian Cemara, 20(2022), 1–23. https://www.ejournalwiraraja.com/index.php/FP/article/view/2545%0Ahttps://www.ejournalwiraraja.com/index.php/FP/article/view/2545/1650
Aji, A. W., & Listyaningrum, S. P. (2021). Pengaruh Modal Usaha, Lokasi Usaha, Dan Teknologi Informasi Terhadap Pendapatan Umkm Di Kabupaten Bantul. JIAI (Jurnal Ilmiah Akuntansi Indonesia), 6(1), 87–102. https://doi.org/10.32528/jiai.v6i1.5067
Alfirahmi, A. (2019). FENOMENA KOPI KEKINIAN DI ERA 4.0 Ditinjau dari Marketing 4.0 dan Teori Uses and Effect. LUGAS Jurnal Komunikasi, 3(1), 24–32. https://doi.org/10.31334/ljk.v3i1.410
BPS. 2023. Statistik Kopi Indonesia Tahun 2022. Badan Pusat Statistik.
Cynthia, V., & Arifiansyah, R. (2023). Pengaruh Brand Image , Kualitas Produk dan Persepsi Harga terhadap Kepuasan Pelanggan di Kopi Tuku Grand Galaxy Bekasi. Jurnal Multidisiplin Ilmu, 2(3), 712–721.
Dilasari, E. M., Yosita, G., & Sanjaya, V. F. (2022). Pengaruh Cita Rasa Dan Promosi Melalui Media Sosial Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Kopi Janji Jiwa Bandar Lampung. REVENUE: Jurnal Manajemen Bisnis Islam, 3(1), 25–42. https://doi.org/10.24042/revenue.v3i1.10448
Foster, B. (2019). Manajemen Label & Kemasan. Bitread Publishing.
Huda, F. N., Kusuma, P., Putri, D., & Milenial, G. (2024). Eksistensi budaya minum pada generasi millenial kopi. 7, 3958–3962.
Mustika, M. A. C., Suwarni, E., & Anggarini, D. R. (2023). Pengaruh Customer Experience dan Variasi Produk Terhadap Minat Beli Ulang Produk Mixue Ice Cream And Tea di Kota Bandar Lampung. Journal Strategy of Management and Accounting Through Research and Technology (SMART), 2(2)(2), 35-46.
Rangkuti, F. (2005). Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis. Gramedia Pustaka Utama.
Ramadhina, A., & Mugiono, M. (2022). Pengaruh Desain Kemasan, Variasi Produk Dan Kualitas Produk Terhadap Minat Beli Konsumen. Jurnal Manajemen Pemasaran dan …, 01(1), 59–67. https://jmppk.ub.ac.id/index.php/jmppk/article/view/21
Sudiantini, D. (2022). Manajemen Strategi. CV. Pena Persada.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Alfabeta.
Tores, R. (2020). Pengaruh Promosi Terhadap Peningkatan Volume Penjualan Pada Alfa Studio Sekayu. Jurnal Manajemen Kompeten. 3(1), 52-65. https://doi.org/10.51877/mnjm.v3i1%20Juni.144
Copyright (c) 2024 JURNAL AGRIBISNIS
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.