FAKTOR-FAKTOR YANG MEMENGARUHI KEPUTUSAN PEMBELIAN SAYURAN ORGANIK DI PASAR MODERN KABUPATEN GRESIK
Abstract
Kesadaran dan pengetahun masyarakat yang semakin meningkat terhadap pola hidup sehat, membuat masyarakat mulai beralih untuk mengkonsumsi sayuran organik. Namun, meskipun kesadaran dan pengetahuan Masyarakat mengenai sayuran organik telah meningkat, tidak semua masyarakat beralih mengkonsumsi sayuran organik. Hal ini dikarenakan harga sayuran organik yang cukup mahal, sehingga perkembangan sayuran organik masih terbatas pada lapisan tertentu saja. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik konsumen sayuran organik dan untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan konsumen dalam membeli sayuran organik di pasar modern Kabupaten Gresik. Pengumpulan data menggunakan kuisioner. Pengambilan sampel menggunakan metode Accidental Sampling dengan jumlah sampel sebanyak 100 responden. Data dianalisis secara deskriptif dan analisis regresi linier berganda dengan menggunakan software SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa karakteristik responden didominasi oleh perempuan pada rentang usia 26-33 tahun dan tingkat pendidikan akhir S1, pekerjaan konsumen adalah IRT dengan rata-rata pendapatan Rp.3.000.000-4.999.999, frekuensi pembelian sayuran organik adalah sering yaitu 3-4 kali dalam sebulan. Berdasarkan hasil analisis menunjukkan bahwa : (1) secara simultan variabel harga, kualitas produk, lokasi, kualitas pelayanan, gaya hidup dan pendapatan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. (2) secara parsial variabel harga, kualitas produk, lokasi, kualitas pelayanan dan gaya hidup berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian, sedangkan pendapatan tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian.
Increasing public awareness and knowledge of healthy lifestyles has made people start to switch to consuming organic vegetables. However, even though public awareness and knowledge about organic vegetables has increased, not all people have switched to consuming organic vegetables. Because the price of organic vegetables is expensive, so the development of organic vegetables is still limited to certain layers. This research aims to determine the characteristics of organic vegetable consumers and to analyze the factors that influence consumer decisions in purchasing organic vegetables. Data collection uses questionnaires. Sampling used the Accidental Sampling method with a sample size of 100 respondents. Data were analyzed descriptively and by multiple linear regression analysis using SPSS. The results of the research show that the characteristics of the respondents are dominated by women in the age range 26-33 years and the final education is Bachelor's degree, the consumer's occupation is a housewife with an average income of IDR 3,000,000-4,999,999, the frequency of purchasing is frequent, namely 3- 4 times a month. Based on the results of the analysis, it shows that: (1) simultaneously the price, product quality, location, service quality, lifestyle and income have a significant effect on purchasing decisions. (2) partially the price, product quality, location, service quality and lifestyle have a significant on purchasing decisions, while income has no significant on purchasing decisions.
References
Afma Bella Vista. (2020). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Sayuran Organik Di Pasar Modern Kota Semarang. 1–16.
Astari, A. (2017). Teori Permintaan dan Penawaran Dalam Ekonomi Islam. II(3), 1–14.
Brahmantyo, I. D., Mukson, M., & Roessali, W. (2022). Analisis Faktor - faktor yang Mempengaruhi Keputusan Konsumen Dalam Membeli Buah Apel Impor (Studi Kasus Pasar Modern Transmart Kota Semarang). Agroland: Jurnal Ilmu-Ilmu Pertanian, 29(3), 230–240. https://doi.org/10.22487/agrolandnasional.v0i0.1115
Efendi, E. (2016). Implementasi Sistem Pertanian Berkelanjutan dalam Mendukung Produksi Pertanian. Jurnal Warta, 47, 1689–1699.
Fayza, H. N., Azizah, A., Syahri, A., Fadlurrahman, F., & Arifin, S. (2022). Budidaya penanaman kangkung darat dengan memanfaatkan pekarangan rumah. Jurnal UMJ, 1–5. http://jurnal.umj.ac.id/index.php/semnaskat
Kapisa, M. B., Bauw, S. A., & Yap, R. A. (2021). Analisis Tingkat Pendidikan dan Jenis Pekerjaan Terhadap Pendapatan Kepala Keluarga (KK) di Kampung Manbesak Distrik Biak Utara Provinsi Papua. Lensa Ekonomi, 15(01), 131. https://doi.org/10.30862/lensa.v15i01.145
Kelvinia, K., Putra, M. U. M., & Efendi, N. (2021). Pengaruh Lokasi, Harga dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Wira Ekonomi Mikroskil, 11(2), 85–98. https://doi.org/10.55601/jwem.v11i2.795
Kurniasih, P., & Prihtanti, T. M. (2019). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Konsumen Dalam Pembelian Sayuran Organik Di Kota Salatiga. Ziraa’Ah Majalah Ilmiah Pertanian, 44(3), 347. https://doi.org/10.31602/zmip.v44i3.2106
Salsabila í, A., Maskur, A., & Stikubank Semarang, U. (2022). Pengaruh Kualitas Produk, Citra Merek, Persepsi Harga dan Kualitas Layanan Terhadap Keputusan Pembelian Mie Gacoan (Studi Pada Pelanggan Mie Gacoan di Kota Semarang). SEIKO : Journal of Management & Business, 5(1), 156–167. https://www.journal.stieamkop.ac.id/index.php/seiko/article/view/1902
Utami, K., Rauf, A., & Salmiah, S. (2019). Analisis Perilaku Konsumen dalam Pengambilan Keputusan Pembelian Sayur Organik di Kota Medan. Agrotekma: Jurnal Agroteknologi Dan Ilmu Pertanian, 3(2), 75. https://doi.org/10.31289/agr.v3i2.2241
Copyright (c) 2023 JURNAL AGRIBISNIS
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.