SIKAP DAN PERILAKU KONSUMEN DALAM PEMBELIAN KERIPIK CABE IKA DI KOTA DUMAI
Abstract
Kota Dumai merupakan salah satu daerah sentra produksi keripik cabe. Banyak terdapat keripik cabe yang dijual di Kota Dumai. Beredarnya berbagai produk keripik cabe yang ditawarkan membuat konsumen memiliki banyak pilihan dalam membeli. Salah satu keripik cabe yang disukai masyarakat adalah keripik cabe IKA. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis sikap dan perilaku konsumen dalam pembelian keripik cabe IKA di Kota Dumai. Penelitian dilaksanakan di Kota Dumai dengan menggunakan metode purposive sampling dengan kriteria konsumen yang berbelanja minimal 1x dan usia sampel ≥ 25 tahun. Jumlah sampel adalah 96 sampel. Data dianalisis dengan model sikap, model norma subjektif dan model perilaku menggunakan theory of reasoned action. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara keseluruhan sikap konsumen terhadap atribut keripik cabe IKA bernilai 12,07. Artinya konsumen memiliki sikap baik dan merasa puas dengan atribut yang ada pada keripik cabe IKA. Perilaku konsumen dalam pembelian keripik cabe IKA di Kota Dumai bernilai 500,151. Artinya perilaku konsumen dalam melakukan pembelian keripik cabe IKA adalah baik.
Dumai City is one of the chili chip production centers. There are many chili chips sold in Dumai City. The circulation of various chili chip products offered makes consumers have many choices in buying. One of the chili chips that people like is the IKA chili chips . This study aims to analyze the attitudes and behavior of consumers in purchasing chili IKA chips in the city of Dumai. The research was carried out in the city of Dumai using the method purposive sampling with the criteria of consumers who shop at least once and sample age ≥ 25 years. The number of samples is 96 samples . The data were analyzed using the attitude model, the subjective norm model and the behavioral model using the theory of reasoned action . The results showed that the overall attitude of consumers towards the attributes of chili IKA chips worth 12.07. This means that consumers have a good attitude and are satisfied with the attributes of the IKA chili chips. Consumer behavior in purchasing IKA chili chips in Dumai City is worth 500.151. This means that consumer behavior in purchasing IKA chili chips is good.
References
Aulia, Nur, St. Aisyah R, Sahlan, & Sitti Khadijah Yahya Hiola. 2021. Sikap Konsumen Terhadap Produk Kerupuk Dangke Melona Dan Tanpa Merek Di Kecamatan Cendana, Enrekang. Jurnal Sains dan Teknologi Peternakan 2(2): 56–63.
Diana, Diana, & Mardiyah Hayati. 2021. Sikap Dan Kepuasan Konsumen Terhadap Produk Keripik Singkong Turbo Sakti Di Kabupaten Sumenep. Agriscience 2(1): 165–83
Djunaidi, Much, Eko Setiawan, & Tri Hariyanto. 2006. Analisis Kepuasan Pelanggan Dengan Pendekatan Fuzzy Service Quality Dalam Upaya Peningkatan Kualitas Pelayanan. Jurnal Ilmiah Teknik Industri 4(3): 139–46.
Firmansah, M. 2018. Perilaku Konsumen (Sikap dan Pemasaran). CV Budi Utama:Yogyakarta.
Halomoan, Novia Dewi & Jumatri Yusri. 2020. Analisis Sikap konsumen Dalam Konsumsi Buah Kaleng Impor Di Kota Pekanbaru. Indonesian Journal of Agricultural Economics (IJAE): 11(1).
Harsita, Pradiptya Ayu, & Amam Amam. 2019. Analisis Sikap Konsumen Terhadap Atribut Produk Olahan Singkong. Agrisocionomics: Jurnal Sosial Ekonomi Pertanian 3(1): 19–27.
Kristianto, Paulus Lilik. 2011. Psikologi Pemasaran: Integrasi Ilmu Psikologi dalam kegiatan Pemasaran. CAPS:Jakarta.
Magdalena, Sonia., Yeni Kusumawati, & Evy Maharani. 2019. Sikap Dan Perilaku Belanja Konsumen Minyak Goreng Kemasan Di Kecamatan Pangkalan Kerinci Kabupaten Pelalawan. Jurnal Agribisnis 21(1): 36–48.
Maryani, Herti, Lusi Kristiana, & Weny Lestari. 2017. Analisis Multiatribut Fishbein Terhadap Jamu Saintifik (Studi Kasus Di Balai Kesehatan Tradisional Masyarakat Makassar Dan Puskesmas Colomadu I Karanganyar). Media Penelitian dan Pengembangan Kesehatan 27(2): 89–98.
Oktiadi, Chrisda., Rosnita, & Ermi Tety. 2014. Analisis Perilaku Konsumen Dalam Mengkonsumsi Beras Anak Daro (Studi Kasus Pada Perumahan Pandau Permai Kabupaten Kampar). JOM Faperta UNRI 1(2).
Putra, I Komang Tresna Eka, I Putu Gede Sukaatmadja, & Ni Nyoman Kerti Yasa. 2016. Perilaku Konsumen Mengkonsumsi Beras Organik Di Kota Denpasar Berdasar Theory Of Planned Behavior. E-Jurnal Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana 5(8): 2609–38.
Putri, Eka Sunarya., Eliza & Evy Maharani. 2014. Analisis Perilaku Konsumen Terhadap Pembelian Jamur Tiram Di Kota Pekanbaru. Jom Faperta 1(2).
Rifai, Ahmad, Didi Muwardi, & Juwita Rizki Fitri Nauli Rangkuti. 2008. Perilaku Konsumen Sayuran Organik Di Kota Pekanbaru. Jurnal Industri dan Perkotaan XII(22): 1786–92.
Stolzer, A. J., Halford, C. D., & Goglia, J. J. 2011. Implementing Safety Management Systems in Aviation. Survey: Ashgate Publishing Limited.
Suarjana, I Kadek Alit, and Gede Suparna. 2019. Pengaruh Sikap Dan Norma Subjektif Terhadap Niat Beli Produk Sepatu League. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana 8(10): 6281.
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta: Bandung.
Sumarwan, Ujang. 2011. Perilaku Konsumen Teori Dan Penerapannya Dalam Pemasaran. Ghalia Indonesia: Bogor.
Umar, Husein. 2000. Riset Pemasaran Dan Perilaku Konsumen. Gramedia Pustaka Utama: Jakarta.
Widayanti, Sri, Indra Tjahaja Amir, Pawana Nur Indah, & Fanny Septya. 2020. Consumer Preference of Packaged Rice and Bulk Rice in Surabaya. HOLISTICA – Journal of Business and Public Administration 11(1): 155–69.
Widodo, Suparno Eko. 2015. Manajemen Pengembangan Sumber Daya Manusia. Penerbit Pustaka Pelajar: Yogyakarta.