PERENCANAAN STRATEGI PEMASARAN SUWAR SUWIR TAPE HANDAYANI 82 DI KABUPATEN BONDOWOSO

  • Ade Galuh Rakhmadevi Program Studi Teknologi Industri Pangan, Jurusan Teknologi Pertanian, Politeknik Negeri Jember
  • Ahmad Haris Hasanuddin Slamet Program Studi Manajemen Agroindustri, Jurusan Manajemen Agribisnis, Politeknik Negeri Jember
  • Dini Nafisatul Mutmainah Program Studi Manajemen Agroindustri, Jurusan Manajemen Agribisnis, Politeknik Negeri Jember
  • Putu Tessa Fadhila Program Studi Teknologi Industri Pangan, Jurusan Teknologi Pertanian, Politeknik Negeri Jember
  • Yani Subaktilah Program Studi Teknologi Industri Pangan, Jurusan Teknologi Pertanian, Politeknik Negeri Jember
Keywords: Pemasaran, Suwar Suwir, SWOT, Tape

Abstract

Pemasaran merupakan salah satu kegiatan utama yang dilakukan oleh perusahaan untuk menghadapi persaingan dan mempertahankan kelangsungan hidup usahanya sehingga dapat terus berkembang dan memperoleh keuntungan sesuai dengan keinginan perusahaan. Strategi adalah rencana terpadu, luas, dan terpadu yang menghubungkan kekuatan strategi perusahaan dengan tantangan lingkungan dan memastikan bahwa tujuan perusahaan dapat dicapai melalui implementasi yang tepat oleh organisasi. Perusahaan “Tape Handayani 82” merupakan salah satu perusahaan di Kabupaten Bondowoso yang memproduksi suwar suwir sebagai salah satu produk olahan dari tape. Beberapa kendala yang dihadapi Tape Handayani 82 menyebabkan penjualan suwar suwir tidak sesuai dengan target yang diinginkan oleh perusahaan, sehingga diperlukan metode yang tepat untuk merencanakan strategi pemasaran yang tepat yaitu dengan menggunakan analisis SWOT. Analisis SWOT menjelaskan kekuatan dan kelemahan perusahaan dan juga menjelaskan peluang dan ancaman yang dihadapi perusahaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pemasaran yang dapat dilakukan perusahaan untuk meningkatkan volume penjualan adalah menjalin kerjasama dengan biro perjalanan di dalam dan luar Kabupaten Bondowoso, perpanjangan hak paten, penggunaan fasilitas delivery order bagi pelanggan.

 Marketing is one of the primary activities carried out by the company to face competition and maintain the viability of its business so it can continue to grow and earn profits under the wishes of the company. The strategy is a unified, broad, and integrated plan that links the strengths of a company's strategy with environmental challenges and ensures that the company's goals can be achieved through proper implementation by the organization. The company "Tape Handayani 82" is one company in the Bondowoso Regency that produces shredded as one of the processed products from tape. Some obstacles faced by Tape Handayani 82 cause the sale of shredded suwar suwir are not under the target desired by the company, so we need the right method to plan an appropriate marketing strategy that is using SWOT analysis. We selected the SWOT analysis because, in this analysis, it first explains the strengths and weaknesses of the company and also explains the opportunities and threats faced by the company. The results showed that the marketing strategy that could be carried out by companies to increase sales volume was to collaborate with travel bureaus inside and outside the Bondowoso District, an extension of patents, use of delivery order facilities for customers.

References

Agustinus. (2003). Dasar-Dasar Pemasaran Edisi 9 Jilid 2. Jakarta: Indeks.

Bosema. (2005). Penetapan Alternatif Strategi Pemasaran Dalam Upaya Peningkatan Daya Saing Dengan Metode SWOT Pada PT Budi Makmur Jaya Murni. Yogyakarta: IST Akprind.

David R, Freid. (2010). Manajemen Strategi Konsep. Jakarta: Salemba Empat.

Pandelaki, L. (2012). Strategi pengembangan budidaya rumput laut di Pulau Nain Kabupaten Minahasa Utara. Jurnal Perikanan dan Kelautan Tropis VIII (2): 52-57.

Kotler & Amstrong. (2008). Manajemen Pemasaran . Jakarta: Gramedia.

Rahmady, R. & Andi, S. (2007). Konsentrasi Pemasaran. Surabaya: Badan Penerbit Mahardhika.

Rangkuti F. (2012) Analisis SWOT, Teknik Membedah Kasus Bisnis. Jakarta: Gramedia.

Andriani, F., Tasa, N. N., Nurhasanah, S., Oktaviani, S., & Putri, A. M. (2021). Penerapan Analisis Swot Terhadap Penentuan Strategi Pemasaran (Studi Kasus Seblak dan Baso Aci Wak Acan Pekanbaru). Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(2), 2904–2910. https://www.jptam.org/index.php/jptam/article/view/1317

Atmoko, T. P. H. (2018). Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Volume Penjualan Di Cavinton Hotel Yogyakarta. Journal of Indonesian Tourism, Hospitality and Recreation, 1(2), 83–96. https://doi.org/10.17509/jithor.v1i2.13769

Evalia, N. A., Sa’id, E. G., & Suryana, R. N. (2012). Strategi Pengembangan Agroindustri Dan Peningkatan Nilai Tambah Gambir Di Kabupaten Lima Puluh Kota Sumatera Barat. Jurnal Manajemen & Agribisnis, 9(3), 173–182.

Harto, D., Pratiwi, S. R., Utomo, M. N., & Rahmawati, M. (2019). Penerapan Internet Marketing Dalam Meningkatkan Pendapatan Pada UMKM. JPPM (Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat), 3(1), 39. https://doi.org/10.30595/jppm.v3i1.3033

Mutmainah, D. N., Slamet, A. H. H., Dian Kumaila Dewi, & Diniyah, N. (2022). Strategi Pengembangan Jamu Jawa Tradisional CV. Santoso di Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur. Food Scientia : Journal of Food Science and Technology, 2(1), 48–72. https://doi.org/10.33830/fsj.v2i1.2844.2022

N.F., F. C., Pratiwi, Z. R., Purnama, T. A., & Grasiaswaty, N. (2020). Kepuasan Pelanggan pada Produk Inovasi Pandemi COVID-19: Studi Kasus pada Contactless Delivery KFC Indonesia. Inovator, 9(2), 118. https://doi.org/10.32832/inovator.v9i2.3508

Rediansyah, A. H., & Agustina, T. (2022). Analisis Bauran Pemasaran dan Strategi Pengembangan Pada UD Raja Tape di Kabupaten Bondowoso. Agridevina, 11(1), 1–17.

Riawati, N. (2018). Jurnal Natapraja. JURNAL NATAPRAJA, 6(2), 2406–9515. https://journal.uny.ac.id/index.php/natapraja

Slamet, A. H. H., Mutmainah, D. N., Rizqullah, R., & Apriani, F. (2022). Analisis Nilai Tambah dan Strategi Pengembangan Industri Olahan Kulit Buah Naga di Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur. Food Scientia : Journal of Food Science and Technology, 2(1), 20–47. https://doi.org/10.33830/fsj.v2i1.2686.2022

Sukmawati, D. A., Sosial, J., Pertanian, E., & Malang, B. (2018). Analisis Nilai Tambah Gula Kelapa Dan Strategi Pengembangan Pada Agroindustri Kecap Cap “Srk” Di Kabupaten Pacitan. 2(1), 29–40. https://doi.org/10.21776/ub.jepa.2018.002.01.4

Wiguna, A. A., & Widyatami, L. E. (2017). Inovasi Teknologi Dalam Rangka Peningkatan Produktivitas dan Perbaikan Manajemen pada Usaha Suwar-Suwir Doho di Kabupaten Jember. Seminar Nasional Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat, 45–50.

Zarkasyi, M. I. (2021). Pengaruh Literasi Keuangan, Financial Technology, dan Gaya Hidup terhadap Perilaku Keuangan Guru Taman Kanak-Kanak. Al-Kharaj : Jurnal Ekonomi, Keuangan & Bisnis Syariah, 4(2), 290–307. https://doi.org/10.47467/alkharaj.v4i2.640

Published
2022-11-10