STRATEGI PEMASARAN BERAS KELURAHAN KOTABARU RETEH KECAMATAN KERITANG (Studi Kasus Penggilingan Jaya Bakti )
Abstract
Penggilingan padi Jaya Bakti memiliki pangsa pasar yang masih kecil
dibandingkan usaha sejenisnya yang ada di Kelurahan Kotabaru Reteh Kecamatan
Keritang. Sehingga perlu adanya strategi pemasaran untuk meningkatkan pangsa
pasar. Tujuan penelitian ini adalah merumuskan strategi pemasaran beras pada
penggilingan padi Jaya Bakti Kelurahan Kota Baru Reteh Kecamatan Keritang.
Analisis data yang digunakan adalah analisis IFAS, EFAS, IE dan Matriks SWOT.
Hasil penelitian menunjukkan bahwah (1) hasil matriks IFAS diproleh total skor
internal 2,8. (2) Matriks EFAS diproleh total skor eksternal 2,36. (3) Matrik IE
berada di sel V dengan strategi pertahankan dan pelihara. (4) Matriks SWOT
menghasilkan beberapa alternative strategi yang dapat digunakan dalam pemasaran
beras pengilingan padi Jaya Bakti