ANALISIS PEMASARAN BUAH MANGGIS DIKECAMATAN TEMBILAHAN HULU KABUPATEN INDRAGIRI HILIR

  • Fitriana Fitriana Universitas Islam Indragiri
  • Partini Partini
Keywords: manggis, saluran pemasaran, efisiensi

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah : (1) untuk mengetahui saluran pemasaran
buah manggis di Kecamatan Tembilahan Hulu. (2) untuk mengetahui margin
pemasaran, fharmer’s share dan profit marjin pada setiap saluran pemasaran (3)
untuk mengetahui efisiensi pemasaran buah manggis Kecamatan Tembilahan
Hulu. Data dikumpulkan melalui survey dan wawancara. Penentuan sampel
petani dilakukan dengan metode random sampling, sedangkan untuk penentuan
sampel pedagang menggunakan metode snowball sampling. Metode analisis data
yang digunakan adalah margin pemasaran, analisis fharmer’s share,profit margin
dan efisiensi pemasaran. Hasil penelitian ini menjukan bahwa (1) saluran
pemasaran buah manggis Kecamatan Tembilahan Hulu yaitu saluran I (Petanikonsumen)
saluran II (petani- Pedagang Pengecer) saluran III (Petnai-Pedagang
Pengumpul- Pedagang pengecer-konsumen).(2) a. pada saluran I tidak terdapat
margin pemasaran, saluran II dan III masing-masing Rp.9,000.00/kg dan
Rp.18,016.67/kg. b. Fharmer’s share masing-masing saluran I (100%), Saluran II
(37.50%) dan saluran III (22.80%). c. Profit marjin terbesar pada pedagang
pengecer saluran II (92.68%), sedangkan profit margin pedagang pengecer saluran
III (92.09%) dan Pedagang pengupul sebesar (89.77%). (3) Efisiensi pemasaran
Ep masing-masing saluran pemasaran I (5.39%) saluran II (7.32%) dan saluran III
(7.90%)

Published
2018-11-15