Strategi Segmenting, Targeting dan Positioning Sawi Pakcoy Organik Brenjonk

  • Milanda Nisful Laili UPN "Veteran" Jawa Timur
  • Wahyu Santoso UPN "Veteran" Jawa Timur
  • Sri Widayanti UPN "Veteran" Jawa Timur
Keywords: segmenting, targeting, positioning, sawi pakcoy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menentukan segmenting, targeting dan postioning dari sawi pakcoy organik Brenjonk. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu purposive sampling dengan jumlah responden 50 orang konsumen. Analisis data untuk segmenting dan targeting menggunakan cluster analysis dan crosstab, sedangkan analisis data positioning menggunakan correspondence analysis. Metode pengumpulan data yang dilakukan dengan observasi, wawancara dan kuesioner. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat 3 segmen dengan presentase dari segmen 1 (44%), segmen 2 (20%) dan segmen 3 (36%). Berdasarkan daya tarik pasar, target pasar utama sawi pakcoy organik Brenjonk adalah segmen 1 (44%). Positioning produk berdasarkan correspondence analysis sawi pakcoy organik Brenjonk memiliki keunggulan pada atribut harga, kesegaran, tekstur dan rasa.

Target of this research is to know segmenting, targeting and positioning of Brenjonk organic pakcoy mustard. The sampling technique used in this study was purposive sampling with 50 respondents as consumers. Data analysis for segmenting and targeting used cluster analysis and crosstab, while positioning data analysis used correspondence analysis. Methods of data collection carried out by observation, interviews and questionnaires.The results of this study indicate that there are 3 segments with a percentage of segment 1 (44), segment 2 (20%) and segment 3 (36%). Based on market attractiveness, the main target market for Brenjonk organic pakcoy mustard is segment 1 (44%). Product positioning based on correspondence analysis of Brenjonk organic pakcoy mustard has advantages in the attributes of price, freshness, texture and taste.

Author Biographies

Wahyu Santoso, UPN "Veteran" Jawa Timur

Program Studi Agribisnis, Fakultas Pertanian

Sri Widayanti, UPN "Veteran" Jawa Timur

Program Studi Agribisnis, Fakultas Pertanian

References

Achmad, A., Harisudin, M., & Setyowati, N. 2018. Analisis Perilaku Konsumen Dalam Pembelian Pakcoy Hidroponik Di Lotte Mart The Park Mall Sukoharjo. Jurnal Agrista: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Agribisnis UNS, 6(3), 13–26.

Aufanda, V., Ekowati, T., & Prastiwi, W. D. 2017. Kesediaan Membayar Produk Sayuran Organik di Pasar Modern Jakarta Selatan. AGRARIS: Journal of Agribusiness and Rural Development Research, 3(2), 68–75.

Dewi, N. P. A. Y., Antara, M., & Rantau, I. K. 2017. Strategi Segmenting, Targeting dan Positioning Pemasaran Beras Merah Organik Jatiluwih Bali di Provinsi Bali. E-Jurnal Agribisnis dan Agrowisata 6(4), 596.

Fitri., Abubakar, H., & Saleh, H. 2017. Analisis Segmentasi, Targeting, Positioning (STP) Terhadap Peningkatan Volume Penjualan Pada Rumah Griya Mulya Asri di Kota Makassar. Jurnal Riset Edisi XVI, 3(004), 1–12.

Hamzah., Anwar., & Haris Hermawan. 2018. Analisis STP (Segmenting Targeting Positioning) Terhadap Volume Penjualan Pada Café Rame-Rame Jember. Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Jember.

Hidayat, A, S., Noer, I & Handayani, S. 2019. Bauran Pemasaran Komoditi Sawi Pakcoy Organik pada Yayasan Bina Sarana Bakti. Karya Ilmiah Mahasiswa Agribisnis.

Hidayatulloh, R., Koestiono, D., & Setiawan, B. 2015. Analisis Rantai Nilai (Value Chain) Usahatani Sayuran Organik (Studi Kasus Pada Komunitas Organik Brenjonk,Desa Penanggungan Kecamatan Trawas Kabupaten Mojokerto Jawa Timur. Jurnal Agrise: Agricultural Socio-Economics Journal, 15(1).

Jamira, A. 2017. Analisis Segmentasi, Targeting Dan Positioning Studi Kasus Keripik Kentang Leo. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 17(3), 235–242.

Jozias, Valenszya., Natelda R. Timisela & Margin Lawalata. 2020.. Analisis Segmentasi Sayuran Organik di Pulai Saparua Kabupaten Maluku Tengah. Junal SEPA: Jurnal Sosial Ekonomi Pertanian dan Agribisnis,17(1).

Kementerian Pertanian. 2019. Rencana Strategis Kementerian Pertanian Tahun 2012 - 2019.

Lasmini, Ni Ketut & Sagung Mas Suryaniadi. 2013. Analisis Segmenting, Targeting, Positioning Produk (Kajian Pada Kopi Bali Banyuatis). Tesis Program Studi Agribisnis, Program Pasca Sarjana, Universitas Udayana, Denpasar.

Lusinta, A., Luluk, T., & Azizah, N. 2019. Analisis Segmenting , Targeting Dan Positioning Untuk Merumuskan Strategi Pemasaran Global Pada Ukm Kacang Mede “ Bawang Mas ” Surabaya. Jurnal JPIM: Jurnal Penelitian Ilmu Manajemen, 4(2), 907–920.

Mujahidin, A., & Khoirianingrum, I. 2019. Analisis Segmentasi,, Targeting , Positioning (STP) pada Zakiyya House Bojonegoro. Prosiding Seminar Nasional Publikasi Hasil-Hasil Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (pp. 284-294). Semarang: Universitas Muhammadiyah Semarang.

Sekaran, Uma. 2011. Metode Penelitian Bisnis. Jakarta: Salemba Empat.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabet.

Waskito, D., Ananto, M.Z., & P, A. R.S. 2014. Persepsi Konsumen Terhadap Makanan Organik di Yogyakarta. 9(1), 36-48. Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta.

Published
2021-11-09