PERANGKINGAN DALAM PENENTUAN E-COMMERCE TERBAIK DENGAN METODE ANALYTICAL HIERARCHICAL PROCESS

  • Arief Tri Nugroho Universitas dr. Soebandi
  • Kusrini Kusrini Universitas Amikom Yogyakarta
  • Hanif Al Fatta Universitas Amikom Yogyakarta
Keywords: E-commerce, Revolusi Industri 4.0, Metode AHP (Analytical Hierarchical Process).

Abstract

Revolusi Industri 4.0 menyebabkan adanya pergeseran interaksi antar manusia, diantaranya dalam proses bertransaksi jual beli. Salah satu produk Revolusi Industri 4.0 yang dihasilkan untuk mempermudah proses bertransaksi jual beli adalah e-commerce. E-commerce diprediksi akan terus bertumbuh seiring berkembangnya ekonomi digital di Indonesia. E-commerce yang hadir di Indonesia sudah semakin menjamur dan bersaing dengan memberikan beragam fasilitas yang memanjakan konsumen diantaranya  program diskon, cashback, dan, gratis biaya pengiriman. Semakin banyaknya pilihan e-commerce ini membuat konsumen cenderung bingung dan akhirnya mengikuti gelombang tanpa tahu tujuan sebenarnya dalam penggunaan e-commerce. Salah satu cara yang dapat digunakan konsumen untuk memilih e-commerce yang paling efektif dan efisien adalah dengan metode AHP (Analytical Hierarchical Process). Metode AHP akan memberikan rekomendasi e-commerce yang paling tepat dan layak digunakan berdasarkan bobot kriteria yang dihasilkan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

[1] Andrew, S.A., 2021, “The New Era of Digital Payments”, “Digital Payments, E–Commerce and Entrepreneurship” Chapter 4, New Chennai Publications, 2021
[2] Kusrini, 2007, Konsep dan Aplikasi Sistem Pendukung Keputusan, Cetakan ke-1, Andi, Yogyakarta
[3] Sugiyono, 2013, Metode Penelitian Kualitatif Kuantitatif dan R&D, Cetakan ke-19, Alfabeta, Bandung
[4] Abdalla, H.B., & Wang, L., 2021, Evaluating Chinese Potential E-Commerce Websites Based on Analytic Hierarchy Process, International Journal of Advanced Computer Science and Applications (IJACSA), ISSN: 2156-5570, Vol. 12 No. 9, 2021
[5] Aziz, U.A., Wibisono, A. & Nisafani, A.S., 2019, Measuring the Quality of E-Commerce Websites Using Analytical Hierarchy Process, Telkomnika, ISSN: 1693-6930, Vol. 17 No. 3, Juni 2019
Effoduh, Jake Okechukwu. "The Fourth Industrial Revolution by Klaus Schwab." The Transnational Human Rights Review 3, 2016
[6] Givan, B., Wirawan, R., Andriawan, D., Aisyah, N., Asep, & Putra, A.S., 2021, Effect of Ease And Trustworthiness To Use E-Commerce for Purchasing Goods Online, International Journal of Educational Research & Social Sciences (IJERSS), ISSN: 2774-5406, Vol. 2 No. 2, April 2021
Liu, Yan; Eckert, Claudia and Earl, Christopher (2020). A review of fuzzy AHP methods for decision-making with subjective judgements. Expert Systems With Applications, 161, article no. 113738
[7] Mahendra, G.S., Nugraha, P.G.S.C., 2020, Komparasi Metode AHP-SAW dan AHP-WP pada SPK Penentuan E-Commerce Terbaik di Indonesia, Jurnal Sistem dan Teknologi Informasi (JUSTIN), ISSN: 2620-8989, Vol. 08 No. 4, Oktober 2020
[8] Parhusip, J., 2019, Penerapan Metode Analytical Hierarchy Process (AHP) pada Desain Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Calon Penerima Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) di Kota Palangka Raya, Jurnal Teknologi Informasi (JTI), ISSN: 1907-896X, Vol. 13 No. 2, Agustus 2019
[9] Ridwan, H., Masrul, & Juhaepa, 2018, Komunikasi Digital pada Perubahan Budaya Masyarakat E-Commerce dalam Pendekatan Jean Baudrillard, Jurnal Riset Komunikasi (JURKOM), ISSN: 2615-0875, Volume 1 Nomor 1, Februari 2018
[10] Salvia, A.L., Brandli, L.L., Filho, W.L., & Kalil, R.M.L., 2019, An analysis of the applications of Analytic Hierarchy Process (AHP) for selection of energy efficiency practices in public lighting in a sample of Brazilian cities, The International Journal of the Political, Economic, Planning, Environmental and Social Aspects of Energy (Elsevier of Energy Policy), ISSN: 0301-4215, Volume 132, September 2019
[11] Saaty, T.L., 2008, Decision making with the analytic hierarchy process, International Journal of Services Sciences (IJSSci), ISSN: 1753-1454, Vol. 1 No.1, 2008
Umar, R., Fadlil, A., & Yuminah, 2018, Sistem Pendukung Keputusan dengan Metode AHP untuk Penilaian Kompetensi Soft Skill Karyawan, Jurnal Ilmu Komputer dan Informatika, ISSN: 2621-038X, Vol. 4 No. 1, Juni 2018
[12] Wibowo, AP. & Yunianto, E., 2019, Pemilihan Emarketplace dengan Metode Fuzzy AHP-Vikor, Journal of Informatic and Computer Technology (IC-Tech), ISSN: 2622-8092, Volume XIV No. 2, Oktober 2019
[13] Vermesan, Ovidiu., Peter Friess., Patrick Gullemin., Martin Serrano., Mustapha Bouraoui., Luis Perez Freire., Thomas Kallstenius., Kit Lam., Markus Eisenhauer., Klaus Moessner., Maurizio Spirito., Elias Z. Tragos., Harald Sundmaeker., Pedro Malo., & Arthur van der Wees, 2016, Digitising the Industry Internet of Things Connecting the Physical, Digital and Virtual Worlds, River Publishers, ISBN: 978-87-93379-82-4
[14] Kemenkeu.go.id, A., 29 Mei 2022, Ekonomi Digital Indonesia Diprediksi Tumbuh Delapan Kali Lipat di Tahun 2030, https://www.kemenkeu.go.id/publikasi/berita/ekonomi-digital-indonesia-diprediksi-tumbuh-delapan-kali-lipat-di-tahun-2030/
Published
2023-10-29
How to Cite
Tri Nugroho, A., Kusrini, K., & Al Fatta, H. (2023). PERANGKINGAN DALAM PENENTUAN E-COMMERCE TERBAIK DENGAN METODE ANALYTICAL HIERARCHICAL PROCESS. JURNAL PERANGKAT LUNAK, 5(3), 379-384. https://doi.org/10.32520/jupel.v5i3.2798