PENGARUH PELAKSANAAN DESAIN PEMBELAJARAN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH DASAR NEGERI 015 SIALANG JAYA KECAMATAN BATANG TUAKA.

  • Ahmad Universitas Islam Indragiri
Keywords: Pelaksanaan Desain Pembelajaran, Hasil Belajar

Abstract

Keberadaan Pelaksanaan Pelaksanaan desain pembelajaran, berperan untuk lebih terarahnya suatu proses pembelajaran agar dapat menghantarkan peserta didik kepada tujuan pendidikan yang telah ditargetkan semula atau hasil belajar yang sesuai dengan apa yang menjadi kriteria kelulusan minimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pelaksanaan desain pembelajaran terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Dasar Negeri 015 Sialang Jaya Kecamatan Batang Tuaka, serta dengan manfaat agar proses belajar mengajar menjadi menarik dan memberikan keefektifan dalam pembelajaran di Sekolah. Penelitian ini adalah penelitian Korelasi, subjek penelitian adalah guru Pendidikan Agama Islam dan siswa sedangkan objek penelitian adalah pengaruh pelaksanaan desain pembelajaran terhadap hasil belajar siswa  pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam, populasi penelitian guru Pendidikan Agama Islam yang berjumlah 1 orang dan siswa yang berjumlah 114 orang, teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, observasi ini digunakan untuk melihat secara langsung tentang pelaksanaan desain pembelajaran dan dokumentasi digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam, data dianalisis dengan menggunakan rumus Korelasi Pearson Product Moment. Dengan perbandingan nilai thitung dengan ttabel, maka terdapat selisih yang cukup signifikan antara kedua nilai tersebut. Di mana thitung> ttabel atau 5,614 > 2,132, maka dalam penelitian ini Ho ditolak, ini berarti terdapat pengaruh yang signifikan desain pembelajaran terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Dasar Negeri 015 Sialang Jaya Kecamatan Batang Tuaka.

Published
2020-10-06
How to Cite
Ahmad. (2020). PENGARUH PELAKSANAAN DESAIN PEMBELAJARAN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH DASAR NEGERI 015 SIALANG JAYA KECAMATAN BATANG TUAKA. EDUKASI, 8(2), 90 - 108. Retrieved from http://ejournal.unisi.ac.id/index.php/judek/article/view/1166