RIWAYAT HIDUP GURU KHALIDI SANG PENAKLUK MAKHLUK GAIB (Tinjauan Sejarah Islam Terhadap Tokoh Pendidik Islam Sebrang Tembilahan 1952-2013)

  • A. Muthalib Universitas Islam Indragiri
Keywords: Guru Khalidi, Penakluk, Makhluk Gaib

Abstract

Artikel ini mengangkat masalah seorang tokoh pendidik Islam yang istiqamah (konsisten) dalam melestarikan ajaran agama Islam di tengah masyarakat. Menurutnya lebih mulia kita mati dalam menjalani kehidupan yang berada dalam aturan Allah, Sang Pencita ketimbang hidup bahagia, dan serba kecukupan tetapi penuh “berlumuran dosa dan maksiat”. Masih dalam konteks pendapat Guru Khalidi, kalau kita ingin hidup selamat (bahagia dunia akhirat), jangan pernah menggangap sifat jujur itu adalah sebuah konsep “permainan” dalam diri kita dan keluarga. Di samping itu, sifat percaya diri atau baja samapi ke puting (pantang menyerah) harus juga kita miliki. Menurutnya, sifat-sifat itu telah diajarkan oleh datok moyang kita sejak dahulu kepada anak-cucunya, namun saat ini sering kita abaikan dalam kehidupan, sehingga hilang identitas suku Banjar itu di kancah kehidupan masyarakat secara majmuk. Falsapah orang-orang tua kita tersebut sebenarnya sejalan dengan prinsif dalam agama Islam, yang mana agama Islam menunutut kita sebagai ummtanya agar bekerja keras dan sifat jujur.Andainya saja generasi kita sekarang ini tetap berpegang kepada agama Allah dan falsapah hidup datok moyang kita tersebut, maka kita akan dapat menikmati indahnya hidup ini, meski misalnya, kita hidup dalam serba keterbatasan dan kekurangan, namun kita bahagia, Insya Allah.

Published
2020-10-06
How to Cite
Muthalib, A. (2020). RIWAYAT HIDUP GURU KHALIDI SANG PENAKLUK MAKHLUK GAIB (Tinjauan Sejarah Islam Terhadap Tokoh Pendidik Islam Sebrang Tembilahan 1952-2013). EDUKASI, 8(2), 109 - 127. Retrieved from http://ejournal.unisi.ac.id/index.php/judek/article/view/1162