Login or Register to make a submission.

Submission Preparation Checklist

As part of the submission process, authors are required to check off their submission's compliance with all of the following items, and submissions may be returned to authors that do not adhere to these guidelines.
  • The submission has not been previously published, nor is it before another journal for consideration (or an explanation has been provided in Comments to the Editor).
  • The submission file is in OpenOffice, Microsoft Word, or RTF document file format.
  • Where available, URLs for the references have been provided.
  • The text is single-spaced; uses a 12-point font; employs italics, rather than underlining (except with URL addresses); and all illustrations, figures, and tables are placed within the text at the appropriate points, rather than at the end.
  • The text adheres to the stylistic and bibliographic requirements outlined in the Author Guidelines.

Author Guidelines

PETUNJUK PENULISAN ARTIKEL ILMIAH
JURNAL ANALISIS MANAJEMEN


Petunjuk Umum Jurnal Analisis Manajemen Universitas Islam Indragiri

Proses memuat artikel ilmiah dengan topik-topik yang relevan dengan bidang ilmu manajemen seperti manajemen keuangan, manajemen pemasaran, manajemen operasional mnjemen sumber daya manusia. Redaksi menerima  baik berupa hasil penelitian, kajian analisis, aplikasi teori dan studi kepustakaan tentang masalah-masalah manajemen. Artikel yang diusulkan untuk dimuat dalam Jurnal Analisis Manajemen haruslah tulisan yang belum pernah dipublikasi dalam majalah ilmiah lainnya. Artikel diterbitkan dua kali setahun yaitu Januari-Juni dan Juli-Desember.

Artikel dapat ditulis dalam Bahasa Indonesa menggunakan kaidah bahasa tulis yang baik dan benar.
Artikel ditulis dalam bentuk manuskrip dalam MS Word dengan ukuran halaman A4 (210 x 297 mm) dengan margin kiri 4cm, margin atas 4 cm, margin kanan 3 cm, dan margin bawah 3 . Artikel ditulis dalam format double-column dengan layout teks sesederhana mungkin. Dianjurkan untuk hanya menggunakan fasilitas penulisan yang disediakan dalam MS Word (bold, italics, subsripct, superscript, equation, dll) dan tidak menggunakan fasilitas lainnya yang tidak terdapat dalam MS Word (embedded design grafis, embedded symbols, embedded equations, dll). Semua bagian teks dalam manuskrip ditulis dengan menggunakan verdana 9 pt dan spasi satu.

Petunjuk Khusus
Manuskrip diawali dengan Judul, Nama Penulis, Alamat Penulis atau instansi, Abstrak dan Kata-kata Kunci diikuti dengan bagian isi yang terdiri atas Pendahuluan, landasan teori, Metode Penelitian (Pengembangan Model), Hasil dan Pembahasan, Kesimpulan dan saran, Daftar Pustaka. 
Setiap gambar dan tabel diberi nomor  yang berurutan mulai dari 1,2,3, dst. Keterangan  gambar diletakkan dibagian bawah gambar dan rata tengah. Mohon gambar tidak diberi bingkai (frame). Sedangkan keterangan  tabel diletakkan dibagian atas tabel serta  sumber tabel ditulis miring dibagian bawah tabel sejajar bagian tepi kiri tabel dengan ukuran 8 pt.  

1. Judul (10pt bold, huruf kapital dan maksimum 15 kata)
Nama Penulis 1, penulis 2 (10pt, bold)
Alamat atau instansi penulis (9pt)
a. Judul artikel ditulis dengan ringkas tetapi informatif. Dianjurkan untuk tidak menggunakan singkatan dan rumus yang tidak dikenal secara luas.
b. Nama semua penulis ditulis di bawah judul artikel dengan lengkap tetapi tanpa gelar. 
c. Alamat atau instansi penulis ditulis di bawah semua nama penulis yang sesuai dengan masing-masing nama penulis.

2. Abstrak dan Kata-kata Kunci (10pt-bold)
a. Abstrak ditulis secara ringkas; berisi maksud/tujuan,  metode dan hasil penelitian. Panjang abstrak sekitar 150-200 kata yang terdiri dari 1 paragraf dengan huruf verdana serta ukuran 9pt. Abstrak dianjurkan tidak memuat singkatan atau formula yang tidak dikenal secara luas. 
b. Langsung di bawah teks abstrak, dituliskan 5 (lima) kata kunci terpilih yang sesuai yang masing-masing dipisahkan dengan tanda koma (,).
c. Abstrak dan kata-kata kunci ditulis dalam bahasa Indonesia.

3. Pendahuluan (10pt bold)
Pendahuluan memuat layar belakang masalah, perumusan masalah dan tujuan penelitian. Baris kalimat berjarak satu spasi. Jenis huruf yang digunakan adalah verdana serta ukuran 9 pt dengan penulisan rata kanan dan kiri. Format ini juga digunakan diseluruh bagian utama artikel. Alinea selanjutnya dapat ditambahkan jika diperlukan untuk memberikan penjelasan yang dianggap penting bagi pembaca.

4. Landasan teori dan hipotesis (10pt bold)
Memaparkan kerangka teoritis yang menjadi landasan logis untuk mengembangkan hipotesa atau proposisi penelitian.

5. Metode Penelitian(10 pt bold)
Bagian ini menjelaskan cara penelitian dilakukan serta dikengkapi dengan uraian tentang sasaran penelitian (populasi dan sampel), teknik pengumpulan data dan teknik analisis data yang digunakan dalam melakukan analisis ataupun penelitian. 

6. Hasil penelitian dan pembahasan (10 pt bold) 
Hasil dan pembahasan memaparkan hasil penelitian ataupun analisis yabg diperoleh.

7. Kesimpulan dan saran( 10pt bold) 
Menyajikan kesimpulan penelitian dan saran_saran yang mengacu pada hasil penelitian.

8. Daftar pustaka (10 pt bold)
Memuat sumber-sumber yang diacu dalam penulisan artikel.
-buku
Emanuel, A. 1986. Ekonomi  Manajemen. Jakarta : PT Grafika.
- jurnal ilmiah
Munaf, D. R. 2012. Analisis Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian Produk Pepsodent. Jurnal AMI, 1 (2): 12-17.
-website
Saidi, A. 2014, Juli 2. Warungnasi.com. diakses pada 15 November 2014, pukul 15:00

Untuk template aritkel bisa didownload di sini.

Privacy Statement

The names and email addresses entered in this journal site will be used exclusively for the stated purposes of this journal and will not be made available for any other purpose or to any other party.